KUNJUNGAN TIM VERIFIKASI KABUPATEN SEHAT

KE GLUGO PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

 

Sewon, Bantul (20/9). Siang itu suasana meriah sudah terlihat sejak pukul satu siang , semua kader kesehatan, ketua RT , tokoh masyarakat di dusun Glugo tampak berkumpul di rumah Bapak Kepala Dukuh Glugo Bapak Damanhuri dalam rangka ingin ikut menyambut tim verifikasi Kabupaten sehat dari Jakarta yang akan datang mengunjungi dusun mereka .

Tim verifikasi yaitu ibu Eli Setyowati , SKM ,MKES dari Direktorat Kesehatan lingkungan Kementrian Kesehatan Jakarta tampak puas dengan berbagai kegiatan kesehatan yang sudah dilaksanakan di pedukuhan Glugo . Secara singkat pak dukuh , pak Lurah , Natural leader , dan Sanitarian Puskesmas Sewon II  memaparkan kegiatan kesehatan apa saja yang ada di sana . Mulai dari pengelolaan sampah yang sudah menghasilkan kerajinan yang indah , pengelolan kebun gizi untuk mencegah balita dan bumil kurang gizi , Kawasan bebas asap rokok , gerakan dan komitmen untuk membatasi pemakaian plastik untuk menyelamatkan bumi ( BATIK GO GREEN ) , dan dusun STBM dimana semua pilar STBM sudah dilaksanakan di sini .

Tampak hadir dan mendampingi tim verifikasi ada Kapala Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Bp Bambang Agus Subekti , SKM ,MPH , Ketua Forum Komunikasi Kabupaten Sehat Bantul dan bebarapa anggotanya , Bapak Camat Sewon Bp . Danang Irwanto , SSi dan semua jajaran Muspika dari Polsek dan Koramil , Kepala KUA Sewon , Koordinator PLKB , Kepala Puskesmas Sewon II bersama sanitarian , promkes dan nutrisionis. Sementara dari desa hadir pak Lurah dan jajarannya  .

Yang paling mempesona tim pada kunjungan verifikasi malam itu adalah keterangan pak Lurah tentang pengelolaan Bumdes yang bisa dipantau setiap hari perkembangannya karena sudah berbasis android , juga tentang proses pengelolaan minyak goreng bekas dengan tehnologi tepat guna . Sementara hal lain masukan dari Tim adalah bahwa penyusunan perencanaan kerja tim sangat diperlukan karena 70 % keberhasilan program tergantung dari perencanaan yang baik.

Kerjasama yang baik lintas sektoral, dari Kecamatan Sewon, Pemerintah Desa, Muspika, Puskesmas Sewon II dan masyarakat menjadi kunci dalam peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan Desa, Kecamatan untuk mendukung Kabupaten yang sehat. (nep)

 

Categories: Uncategorized

2 Comments

Jarrett Ahluwalia · October 1, 2017 at 01:27

Luar biasa gan……..

    sewon2 · October 2, 2017 at 10:12

    terimakasih gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *