FRESH Goes to SINOVIK

FRESH Goes to SINOVIK

 

Sewon (28/9). Inovasi adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan dan dikembangkan oleh setiap institusi dalam menyelesaikan masalah yang ada dan atau untuk meningkatkan capaian dan kinerja. Salah satu inovasi yang telah dilaksanakan di Puskesmas Sewon II adalah forum remaja Sehat atau biasa disebut FRESH. FRESH baru aktif dan dibentuk di Dusun Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dalam programnya, FRESH bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap remaja tentang kesehatan reproduksi, sehingga dapat mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan (KTD).

Kehamilan tidak diinginkan di wilayah Puskesmas Sewon II tergolong yang tertinggi di Kabupaten Bantul, sehingga inovasi ini yang diangkat untuk dapat direplikasi dan dioptimalkan perannya di masyarakat. Bukan hanya sebagai wadah karangtaruna dalam menyebarluaskan informasi kesehatan reproduksi, FRESH telah berhasil mengantarkan bidan Puskesmas Sewon II, Yuhani,AMd.Keb menjadi petugas Kesehatan Teladan juara II di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya, dalam artikel ini, FRESH juga termasuk ke dalam top 30, kompetisi inovasi pelayanan publik (sinovik) yang diadakan oleh Bagian Organisasi Pemerintah Kabupaten Bantul.

Presentasi dilakukan hari Rabu (20/9), dihadapan 6 juri yang berasal dari; Ombudsman RI wilayah Yogyakarta, Pengajar MAP UMY, Pemred Radar Jogja dan tim internal dari Kabupaten Bantul. FRESH dipresentasikan dengan nomor urut ke-19 atau nomor urut ke-4 pada hari tersebut. Semua dewan juri mengapresiasi inovasi ini karena dapat membantu meningkatkan peran masyarakat dalam menyelesaikan dan mencegah masalah di masyarakat sendiri. Presentasi dilakukan oleh Yuhani, Amd.Keb dan Izzuddien Sobri, S.Tr.Gz sebagai perwakilan petugas Puskesmas Sewon II.

Beberapa saran diberikan untuk perbaikan program FRESH, seperti; perlunya meningkatka produktivitas FRESH sehingga dapat ditambah pada sector ekonomi dan industry kreatif, merangkul dunia usaha dan atau sponsor apabila dibutuhkan untuk membangun kemandirian dari FRESH, sehingga tidak tergantung dengan dana dari Puskesmas atau Desa. Sehingga kedepannya diharapkan FRESH dapat tumbuh menjadi pemberdayaan masyarakat yang unggul dan dapat direplikasi di semua dusun di wilayah Puskesmas Sewon II pada khususnya dan Kabupaten Bantul pada umumnya.  (Sobri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *