Imunisasi Pondok Pesantren Ar Ridho: Menuju Santri yang Sehat

Imunisasi Pondok Pesantren Ar Ridho: Menuju Santri yang Sehat

Sewon (28/9). Kampanye imunisasi Measles dan Rubella atau biasa disingkat menjadi Imunisasi MR, sedianya dilaksanakan pada sasaran balita 9 bulan  sampai anak-anak usia kurang dari 15 tahun baik laki-laki dan perempuan. Pada hari Rabu (27/9) telah dilaksanakan Imunisasi MR di Pondok Pesantren Ar Ridho secara terpadu. Kegiatan ini, awalnya akan dilaksanakan tanggal 30 Agustus, tetapi karena bersamaan dengan Puasa Arafah, maka disepakati untuk menunda pelaksanaan imunisasi.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 2 tim Kesehatan Puskesmas Sewon II, yaitu tim Putra; M. Zaftran, AMd.Kep, Yudha PU, Agus Ruhari,SKM, Izzuddien Sobri,S.Tr.Gz dan Kepala Puskesmas Sewon II Hadi Pranoto, SKM.MPH. Sedangkan tim Putri; Yuhani, Amd.Keb, Sayidati Mufarokhah, Amd.Keb, Juni Astuti,S.ST dan Syamsih Haryani, Amd.Keb. Pembagian kelompok ini didasarkan oleh kebutuhan dan untuk menjaga kebaikan dari petugas dan sasaran.

Kedatangan Petugas sudah disambut dengan spanduk Kampanye MR didepan gedung pesantren putra maupun putri  dan ucapan selamat datang untuk tim MR Puskesmas Sewon II. Hal tersebut merupakan hal yang luar biasa sebagai bentuk dukungan terhadap program Kampanye MR. Sebuah peningkatan yang sangat signifikan dan sangat patut diberi apresiasi, karena di tahun sebelumnya pada setiap kegiatan Bulan imunisasi Anak sekolah /BIAS .cakupan imunisasi di Pondok Pesantren Ar Ridho kurang maksimal.

Mulai tahun ini, Ar Ridho telah menyiapkan segala hal terkait imunisasi, sehingga santri yang terdapat di Pondok Pesantren dapat terhindar dari penyakit menular dengan melakukan tindakan preventif dengan vaksin. Disamping penyediaan fasilitas ruang khusus untuk kegiatan imunisasi, ternyata penglola Pondok sudah mempersiapkan ice cream dan snack khusus bagi semua santri yang telah diimunisasi. Hal ini sangat patut diberi apresiasi atas upaya maksimal yang dilakukan pengelola.

Rencana dan upaya maksimal yang sudah dilakukan oleh pengelola terjawab dengan kehadiran petugas yang juga siap untuk melakukan imunisasi. Hal tersebut terjawab dengan hasil rekap sementara santri yang sudah diimunisasi sebanyak; santri putri 315 (tunda 23), santri putra 216 (tunda 10), dengan total 531 santri telah diimunisasi dan terdapat 33 santri yang ditunda imunisasi karena kesehatan. Merupakan cakupan yang sangat baik, yaitu 93.7%.

Data ini masih akan meningkat seiring imunisasi susulan yang akan dilaksanakan selanjutnya, menunggu waktu yang tepat setelah koordinasi lagi dengan pengelola pondok. Hal tersebuat juga tidak terlepas dari koordinasi intensif dan aktif antara PP Ar Ridho dengan Puskesmas Sewon II. Semoga imunisasi ini bermanfaat untuk para santri dan berlangsung baik terus di agenda imunisasi berikutnya. (Hany-Sobri)

3 thoughts on “Imunisasi Pondok Pesantren Ar Ridho: Menuju Santri yang Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *