Kader Dibina, Masyarakat Sehat Sejahtera

 

Sewon (28/9). Pembinaan kader posyandu di Desa Panggungharjo telah berhasil dilaksanakan melalui pertemuan kader bulanan. Kegiatan yang sedianya dilaksanakan tiap bulan ini telah dilaksanakan pada hari Selasa (26/9). Pembinaan ini dibuka dengan doa dan menyanyikan Mars Hidup Sehat. Nampak bahwa kader sangat bersemangat dalam menyanyikan Mars Hidup Sehat. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Urusan Umum Desa Panggungharjo, yang terus meminta kerjasama baik dari kader dan Puskesmas Sewon II untuk terus membangun Desa Panggungharjo yang sehat dan sejahtera.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Puskesmas Sewon II, Hadi Pranoto, SKM.MPH. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari kader dan pemerintah Desa Panggungharjo yang selama ini selalu membantu program Puskesmas dan bekerjasama dalam membangun Desa yang lebih sehat. Disampaikan juga tentang gambaran kegiatan akreditasi yang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 September 2017. Sebagai penutup, beliau menambahkan bahwa kinerja Puskesmas tentu belum dapat mencapai level sempurna, maka dari itu, Puskesmas meminta apabila ada saran dan kritikan dapat dikomunikasikan kepada Puskesmas langsung. Sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat dapat tersalurkan dan terfasilitasi khususnya pada bidang pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas.

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi pembinaan dari sanitarian Puskesmas Sewon II, Nunuk Endang P, AMKL. Materi tersebut berisi tentang Evaluasi kegiatan yang telah terlampaui. Terdapat juga kegiatan yang belum dapat terlaksana sesuai agenda, yaitu kegiatan outbond kader kesehatan, karena anggaran yang belum cair. Di samping itu, sanitarian juga menyampaikan tentang kegiatan penilaian Kabupaten Sehat, yang pada awalnya hanya menilai Dusun Sorowajan sebagai perwakilan, ternyata penilai juga melakukan evaluasi tingkat Desa, sehingga repon cepat dari Perangkat Desa Panggungharjo patut diapresiasi.

Materi kedua disampaikan oleh petugas promosi kesehatan (promkes) Izzuddien Sobri, S.Tr.Gz. Materi yang disampaikan adalah hasil survei Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di wilayah Puskesmas Sewon II yang sudah meningkat dibanding tahun lalu. Tahun 2017 ini capaian PHBS adalah 52.1%. Tetapi masih terdapat 3 masalah utama yang menyebabkan capaian PHBS rendah; 1. Aktivitas fisik, 2. Merokok di dalam rumah, 3. ASI Eksklusif. Aktivitas fisik menjadi indicator yang paling rendag capaiannya, karena memang dari segi indicator ini sangat tinggi standarnya, yaitu setiap anggota keluarga harus aktivitas fisik minimal 1 jam setiap hari. Kebiasaan merokok di dalam rumah juga masih tinggi, karena sikap dan kesadaran masyarakat yang masih rendah. Sedangkan untuk ASI Eksklusif, belum banyak terpantau dalam database Puskesmas.

Disamping menyampaikan capaian PHBS, petugas Promkes juga menyampaikan tentang social media sebagai sarana publikasi kegiatan di Puskesmas Sewon II sudah mulai aktif. Beberapa social media tersebut adalah; Facebook, yang dapat dengan nama : Puskesmas Sewon II (https://www.facebook.com/puskesmas.sewonii.3), sedangkan untuk halaman resmi di Facebook dengan nama: Puskesmas Sewon II (https://www.facebook.com/Puskesmas-Sewon-II-116466625713971/?ref=aymt_homepage_panel) yang dapat diakses oleh masyarakat. Sedangkan akun instagram dapat dicari pada ID: @sewon2promkes (https://www.instagram.com/sewon2promkes/) Sedangkan web Puskesmas Sewon II (https://puskesmas.bantulkab.go.id/sewon2/) masih selalu diupdate dan memohon bantuan masyarakat bila ada kegiatan yang ingin untuk dishare atau dipublikasikan.

Tambahan lain disampaikan oleh kader, ibu Rukmini tentang Jaminan Persalinan (Jampersal) bagi keluarga miskin. Dilanjutkan diskusi oleh ahli gizi, Any Suryani, Amd.Gz tentang masalah partisipasi masyarakat yang rendah dalam penimbangan balita (D/S), untuk dusulkan reward bagi yang aktif hadir di posyandu. Sedangkan petugas promosi kesehatan, Agus Ruhari SKM menambahkan tentang penilaian strata posyandu yang akan dilakukan pada akhir tahun ini. (Sobri)

Categories: Uncategorized

2 Comments

Patrick Gramer · October 1, 2017 at 02:58

Thx info ini…bisa dijadikan referensi lagi.

    sewon2 · October 2, 2017 at 10:17

    Alhamdulillah.. semoga menjadi bahan evaluasi bagi Puskesmas Sewon II juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *