Menjaga Kesehatan Mencegah Keparahan, Senam Sehat PROLANIS

Sewon (20/10). Pagi ini (20/10) langit di atas Puskesmas Sewon II nampak sangat cerah, walaupun bagian timur sedikit berawan. Hari yang sangat tepat untuk memulai aktivitas dengan berolahraga. Hal itu yang menjadi pemicu peserta PROLANIS Puskesmas Sewon II untuk berbondong-bondong hadir sejak jam 06.30 untuk bersiap mengikuti senam Prolanis di halaman Puskesmas Sewon II.

Kegiatan Senam Prolanis adalah kegiatan rutin di Puskesmas Sewon II pada hari Jumat. Tetapi memang beberapa pecan yang lalu, kegiatan ini sempat tidak dilaksanakan berkaitan dengan persiapan Akreditasi Puskesmas Sewon II. Hari jumat ini (20/10) merupakan awal yang baru dengan semangat baru pasca Akreditasi untuk terus menjaga kesehatan dan meningkatkan semangat anggota Prolanis.

Turut mengikuti kegiatan senam Prolanis; kepala tata usaha Puskesmas Sewon II, Mujiyanti SE, hadir pula ketua pokja UKM Nunuk Endang P, AMKL dan beberapa bidan dan perawat;Sri Waluyaningsih, S.ST, Endah Sulastri, Amd.Keb, Hartini, Amd.Keb, Sayidati Mufarokhah, Amd.Keb, Sri Trimurwaningsih, Pramiwatini dan Kastuti. Turut memeriahkan untuk meliput kegiatan, petugas promosi kesehatan Agus Ruhari, SKM.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Sumber: http://www.bpjs-kesehatan.net/2016/02/penjaminan-dan-pelaksanaan-prolanis.html

Tujuan diadakannya Prolanis ini untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit. Sasaran PROLANIS adalah Seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). Sasaran utama prolanis ini adalah seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis. (Sobri)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *