Sewon (12/11). Hari Kesehatan Nasional adalah momentum perubahan perilaku dan peningkatan derajat kesehatan di mana hari tersebut dijadikan hari istimewa dalam melakukan perilaku hidup sehat. Dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan sekaligus memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Puskesmas Sewon II pada hari ahad (11/11) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bangunharjo dan Pemerintah Desa Panggungharjo melaksanakan Gebyar HKN ke-54 di Lapangan Semail, Dusun Semail, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon.

Diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari kader kesehatan se-Desa Bangunharjo, kader kesehatan se-Desa Panggungharjo, Lintas sektoral (muspika, kecamatan), pegawai Puskesmas Sewon II dan kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Turut hadir juga Camat Sewon, drs. Danang Irwanto, MSI., Lurah Desa Bangunharjo dan jajarannya, Kasie Pelayanan Desa Panggungharjo. Acara ini didukung penuh oleh Pemerintah Desa Bangunharjo dan Pemerintah Desa Panggungharjo yang telah menyediakan ratusan doorprize dan seluruh perlengkapan (panggung, sound system) dalam kegiatan ini.

Acara diawali dengan do’a bersama dan dibuka dengan Senam yang dipandu oleh instruktur dari Desa Bangunharjo. Mulai dari senam peregangan, aerobic, ditutup dengan senam pendinginan. Dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dipimpin oleh tim Puskesmas Sewon II. Sebagai media promotif, petugas Puskesmas Sewon II juga menampilkan Senam Dayung yang diiringi oleh pesan-pesan kesehatan yang ditunjukkan melalui poster kesehatan.

Berkesempatan memberi sambutan, Camat Sewon menyampaikan pentingnya Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (berPHBS). “Germas ini adalah upaya untuk bersama-sama hidup sehat, termasuk aktivitas fisik yang telah kita lakukan senam bersama tadi”, begitu penjelasan Camat Sewon. Selanjutnya, penyerahan hadiah pemenang lomba berlangsung lancar. Sebelum puncak acara, telah dilaksanakan acara lomba, meliputi; Lomba Ice Breaking dan Lomba Menyanyi Lirik Kesehatan.

Pemenang Lomba Menyanyi Lirik Kesehatan lalu satu persatu bergantian menampilkan group vocal lirik kesehatan yang mereka kirimkan, sekaligus menjadi acara simbolis kemenangan lomba Menyanyi Lirik Kesehatan. Acara dilanjutkan dengan pengumuman peraih Reward Dusun Bebas 4 Masalah Kesehatan (DB4MK) dari Pemerintah Desa Panggungharjo. Pemerintah Desa Panggungharjo menjadi desa yang selalu mensupport program kesehatan dengan turut serta memberi penghargaan pada dusun yang berprestasi bebas 4 masalah kesehatan.

Selama kegiatan berlangsung dilakukan juga pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan Rumah Zakat dan Kader Posbindu PTM. Pemeriksaan meliputi; Pengukuran antropometri (Berat badan, lingkar pinggang), fisik klinis (tekanan darah), biokimia (Asam urat, glukosa darah, kolesterol) terbatas untuk yang terdapat indikasi, disediakan juga layanan konsultasi dan pembagian poster kesehatan yang didukung oleh Puskesmas Sewon II.

Melalui acara peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan kegiatan serupa, diharapkan Puskesmas Sewon II bersama lintas sektoral berupaya berkampanye dan menjadi contoh/ role model kesehatan. (sob)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *