Sewon (18/11). Menginjak tahun ke-55 peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) merupakan momentum yang baik untuk mengajak masyarakat bersama-sama menangani masalah kesehatan bersama-sama. Dalam rangka peringatan HKN ke-55, Puskesmas Sewon II dalam hal ini bekerjasama dengan Kecamatan Sewon, Pemerintah Desa Panggungharjo dan Desa Bangunharjo, serta Forkompincam Kecamatan Sewon mengadakan kegiatan Puncak HKN di Kampung Matraman, Panggungharjo, Sewon pada hari Ahad (17/11).
Sebagai bentuk kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), acara dimulai jam 06.30 dengan senam bersama yang merupakan bentuk aktivitas fisik terukur selama hampir satu jam. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 700 peserta yang terdiri dari kader kesehatan se-Desa Bangunharjo, kader kesehatan se-Desa Panggungharjo, Lintas sektoral (muspika, kecamatan), pegawai Puskesmas Sewon II dan kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Turut hadir juga Sekertaris Camat Sewon, Hartini, SIP, MM, Lurah Desa Panggungharjo dan jajarannya, Kasie Pelayanan Desa Bangunharjo. Acara ini didukung penuh oleh Pemerintah Desa Panggungharjo dan Pemerintah Desa Bangunharjo yang telah menyediakan seluruh perlengkapan (panggung, sound system) dalam kegiatan ini, termasuk mempersiapkan lokasi yaitu di Kampung Matraman (binaan Desa Panggungharjo).
Dalam sambutannya, kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm., Apt, menyampaikan bahwa hasil sensus pangan menunjukkan bahwa konsumsi sayur masih rendah, alokasi pendidikan juga rendah, tetapi lebih banyak anggaran rumah tangga digunakan untuk hiburan. Hal ini merupakan gaya hidup yang salah dan harus diperbaiki. Penyataan tersebut lantas disambung oleh Hartini, SIP, MM yang menyampaikan bahwa konsumsi sayuran dan buah memang harus ditingkatkan dan mengajak untuk menanam sendiri sayur dan buah tersebut untuk mengurangi risiko paparan pestisida.
Selanjutnya diumumkan dusun yang berhak mendapatkan reward Dusun Bebas 4 Masalah Kesehatan (DB4MK) dari masing-masing Desa yang diberi reward oleh Pemerintah Desa. Hal ini merupakan stimulant bagi para kader kesehatan dan masyarakat untuk semangat membebaskan dusun dari 4 masalah kesehatan. Di samping pemberian reward DB4MK, secara simbolis, Pemerintah Desa Panggungharjo memberikan bantuan berupa alat dan reagen demi meningkatkan cakupan Standard Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan. Secara total, Pemerintah Desa Panggungharjo mendukung SPM Bidang Kesehatan dengan mengalokasikan dana Desa sebesar 24 juta untuk pengadaan alat dan bahan medis.
Selama kegiatan berlangsung dilakukan juga pembukaan stand SEWon duA BERbagi KebAHagiaan (Sewa Berkah) yang merupakan salah satu inovasi Puskesmas Sewon II dalam mengurangi barang layak pakai yang menumpuk di rumah, agar dapat dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkan. Melalui acara peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan kegiatan serupa, diharapkan Puskesmas Sewon II bersama lintas sektoral terus berupaya berkampanye menjadi contoh/ role model kesehatan dan selalu bersinergi dalam menangani masalah kesehatan. (sob)

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *