Analisis Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Desiminasi Informasi di Kalurahan Panggungharjo dan Bangunharjo

Berdasarkan Intruksi Bupati Bantul Nomor 1/Instr/2021 tertanggal 8 Januari 2021 tentang Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di Kabupaten Bantul yang akan berlaku mulai tanggal 11 Januari 2021 dan Edaran Kepanewon Sewon tanggal 12 Januari 2021 No 440/33 Terkait Pengetatan Terbatas Kegiatan Sosial Kemasyarakatan di Kepanewon Sewon mulai 11 Januari 2021, maka dilakukan desiminasi informasi kepada tokoh masyarakat yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Sewon II. Informasi yang disampaikan tidak hanya terkait dengan adanya PTKM, namun juga terkait Tantangan Tahun Kedua dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Kegiatan Analisis PE dan Diseminasi Infromasi di Kalurahan Panggungharjo (13/01)

Kegiatan Analisis PE dan Diseminasi Informasi di Kalurahan Bangunharjo (14/01)

Kegiatan yang dilaksanakan di Panggungharjo pada 13 Januari 2021 dan Bangunharjo pada 14 Januari 2021 tersebut diikuti oleh perangkat desa, dukuh dan ketua satgas yang berada di wilayah masing-masing. Adanya kegiatan tersebut bertujuan agar pemangku wilayah setempat mengetahui kondisi penyebaran Covid-19 di wilayahnya dan mampu melakukan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kemampuan masing-masing wilayah. Kegiatan yang dilaksanakan di Kalurahan tersebut juga bertujuan sebagai bentuk advokasi kepada Kalurahan dalam memfasilitasi keperluan di masing-masing wilayah.

Kegiatan yang berlangsung secara terbatas tersebut membahas mengenai Formula 3M + 3T – 3K, 3 Hal Penting Menghindari Covid-19, Penyampaian Kebijakan PTKM dari Gubernur DIY, Bupati Bantul, dan Panewu Sewon, sekilas perubahan pedoman, perkembangan kasus di tahun kedua, penanganan limbah pasien isolasi dan Stigma Negatif Covid-19. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tanya jawab, penyampaian tanggapan dari kalurahan, dan pengambilan kesepakatan bersama. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 jam dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *