Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun dimulai 14 Desember”, pernyataan drg. Widyawati, MKM (Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat )

Kegiatan vaksinasi telah dimulai sejak Januari 2021 dan sampai saat ini telah menyasar seluruh masyarakat usia 12 tahun ke atas. Perluasan kelompok usia sasaran perlu dilakukan untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh kepada masyarakat. Dengan mempertimbangkan kajian dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/IX/2021 tanggal 9 Desember 2021 tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, maka pemberian vaksinasi COVID-19 pada kelompok usia tersebut telah dinyatakan aman dan harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Tujuan Vaksinasi Covid-19 pada Anak

Vaksinasi bertujuan mencegah sakit berat dan kematian pada anak akibat Covid-19, mencegah penularan pada kelompok usia lain dan mempercepat tercapainya herd immunity

Pemberian Vaksinasi

Pelaksanaaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 11 (sebelas) tahun dengan menggunakan vaksin COVID-19 Bio Farma dan/atau Coronavac dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut : diberikan sebanyak 2 (dua) kali dengan interval minimal 28 (dua puluh delapan) hari melalui suntikan intramuskular di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mL

Berbagi TIPS untuk Bunda

Ada yang anaknya takut vaksin gak bun? pasti ada yaa.. Lalu bagaimana cara mengajak anak untuk ikut Vaksinasi Covid-19?

Beri Edukasi tentang Covid-19

Pertama-tama yang harus bunda ingat jangan memaksakan anak, dan beritahu tanpa adanya paksaan. Beritahu kepada anak bahwa Covid-19 itu berbahaya dan anak membutuhkan perlindungan lebih, salah satunya dengan Vaksin Covid-19. Tidak lupa pula bunda sampaikan bahwa vaksin tidak mengandung bahan yang berbahaya dan aman untuk diberikan. Jika Anak sudah mau untuk vaksinasi beritahu jika nanti ada reaksi yang mungkin timbul setelah vaksinasi agar tetap tenang dan tidak panik.

Berikan contoh

Anak biasanya meniru apa yang dilakukan orang tua atau sekitarnya. Ketika anak melihat orang tuanya mendapat vaksin, maka mereka juga ingin divaksin dan bertanya-tanya kapan bisa divaksinasi.

Tidak menakut-nakuti

Emosi anak belum stabil dan ada ketakutan termasuk tentang vaksin. Untuk itu, penting agar orang tua dan orang di rumah mengedukasi dan memupuk keberanian anak. Hindari berita hoaks, sakit akibat KIPI, rasa ngilu saat disuntik, dan hal lain yang menyeramkan.

Dampingi anak saat vaksinasi

Pastikan orang tua/ pengasuh selalu mendampingi dan memberi dukungan saat proses vaksinasi.

Sudah tahu kan Bunda bagaimana cara agar anak mau ikut vaksinasi, mari bersama-sama sukseskan vaksinasi Covid-19 pada anak, ikuti jadwalnya, Ibu Cermat, Anak Sehat… (#Ramadhani)

Sumber : Surat Penyampaian KMK Vaksinasi Anak 6-11 Thn, dit. promkes Kemkes RI

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *