Gambaran Umum

Puskesmas Sewon II terletak di Jalan Parangtritis km 6, Dusun Tarudan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Jarak Puskesmas Sewon II dengan Ibukota Kecamatan kurang lebih 0,5 km, jarak dengan Ibukota Kabupaten kurang lebih 8 km, sedangkan dengan Ibukota Provinsi kurang lebih 3 km. Untuk menjangkau Puskesmas Sewon II relative lebih mudah, karena transportasi dan jalan sudah baik. Nomor telepon resmi kantor adalah: (0274) 445248 Kode Pos 55187 sur-el :pusk.sewon2@bantulkab.go.id

Puskesmas Sewon II terletak pada ketinggian 45 m di atas permukaan laut. Sebagian merupakan dataran rendah yang tanahnya tergolong kebun yang mudah ditanami dan sumber air mudah didapat. Curah hujan sekitar 2,233 mm/tahun dengan rata-rata suhu 28 derajat celcius, termasuk iklim tropis.

Luas wilayah kerja Puskesmas Sewon II kurang lebih 1240 Ha. Wilayah kerja Puskesmas Sewon II meliputi 2 desa, yaitu desa Bangunharjo dan desa Panggungharjo, yang secara keseluruhan terdiri dari 31 dusun. Batas wilayah kerja Puskesmas Sewon II Bantul adalah:

Sebelah utara : Kodya Yogyakarta

Sebelah selatan : Desa Timbulharjo

Sebelah timur : Tamanan

Sebelah barat : Kasihan

Puskesmas menjalankan 6 program pokok dan program penunjang dengan masalah kesehatan dan kemampuan tenaga maupun fasilitas yang berbeda. Program pokok ini diharapkan dapat menanggulangi masalah kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu.

  1. Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga berencana

  1. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular

  1. Usaha Peningkatan Gizi

  1. Pengobatan

  1. Usaha Kesehatan Lingkungan

  1. Penyuluan Kesehatan Masyarakat

Program penunjang Puskesmas Sewon II:

  1. Obat
  2. Laboratorium
  3. EKG

Jam Pelayanan:

  • Senin – Kamis : 07.30 – 11.00
  • Jumat              : 07.30 – 10.00
  • Sabtu               : 07.30 – 10.30