Sekilas kata Terbentuknya POS UKK Pantai Baru dan Kwaru

14389841_1262022303858491_635744245_nSrandakan News; Kabupaten Bantul yang secara geografis dari sebelah selatan dibatasi oleh Pantai Selatan yang merupakan perbatasan Negara Republik Indonesia dan di bagian pojok wilayah Kabupaten Bantul terdapat sebuah Kecamatan Srandakan yang wilayah kerjanya sampai pada pantai selatan yaitu Pantai Baru dan Kwaru pada khususnya yang mana mau tidak mau , siap tidak siap harus senantiasa menciptakan masyarakat yang SEHAT seperti halnya apa yang tertera pada VISI dan MISI Kabupaten Bantul yaitu :

  VISI Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas, dan sejahtera, berdasarkan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, dan kebangsaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Secara filosofis visi tersebut adalah cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bantul yang :Sehat yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki kesehatan jasmani, rohani dan sosial, Cerdasyaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual,Sejahtera yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang produktif, mandiri, memiliki tingkat penghidupan yang layak dan mampu berperan dalam kehidupan sosial, Kemanusiaan yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang peduli, saling menghargai dan mengembangkan semangat gotong-royong, Kebangsaan yaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang memiliki rasa patriotisme cita tanah air dan tumpah darah untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan, Keagamaanyaitu masyarakat Kabupaten Bantul yang beriman, menjalankan ibadah dan mengembangkan toleransi beragama. Adapun MISI Kabupaten Bantul sesuai RPJMD tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

1.Meningkatkan tata kelola pemerintahan yg baik, efektif, efisien dan bebas dari KKN melalui percepatan reformasi birokrasi Meningkatkan kapasitas pemerintah daerah menuju tata kelola pemerintahan yang empatik
2.Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, terampil dan berkepribadian luhur
3. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat difokuskan pada percepatan pengembangan perekonomian rakyat dan pengentasan kemiskinan
4. Meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana-prasarana umum, pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan risiko bencana
5. Meningkatkan tata kehidupan masyarakat Bantul yang agamis, nasionalis, aman, progresif dan harmonis serta berbudaya istimewa.

Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Srandakan Bantul dokter Anugrah Wiendyasari mengatakan bahwa sumberdaya pantai dan laut dikenal sebagai sumberdaya multi fungsi. Wilayah perairan pantai yang kaya akan sumberdaya alam telah dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia sebagai salah satu sumber bahan makanan, utamanya protein, sejak berabad-abad lamanya. Selain itu, pemanfaatan sumber energi, seperti hidrokarbon dan miniral khususnya di wilayah pesisir dan laut, telah dilakukan untuk menunjang pembangaunan pada sektor ekonomi. Fungsi lain yang dimiliki oleh wilayah pesisir dan lautan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti transfortasi, pelabuhan, industri, agrobisnis dan agroindustri, rekreasi dan pariwisata, serta kawasan pemukiman, dan tempat pembuangan limbah.

Dalam upaya mewujudkan VISI dan MISI Kabupaten Bantul di atas Puskesmas Srandakan Bantul yang pada hari Jum’at tanggal ’09 September 2016  telah resmi mempunyai 2 buah POS UKK binaan yaitu Pos UKK Pantai Baru dan Pantai Kwaru senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik. Adapun Pelayanan Kesehatan Pos UKK di sini diantaranya :

1. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Penyuluhan Kesehatan Kerja

3. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3 K )

4. Pertolongan Pertama Pada Penyakit ( P3 P )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *