Srandakan. Selasa, 15 Oktober 2019.
Hari ini Selasa, 15 Oktober 2019 bertempat di aula Puskesmas Srandakan telah dilakukan pembentukan Paguyuban Kesehatan Jiwa di wilayah Srandakan.

Paguyuban tersebut diberi nama “NGUDI SARAS” dimana pengurus dan anggota paguyuban tersebut merupakan pasien ODGJ ( Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang rutin melakukan pengobatan di Puskesmas Srandakan.

Berikut ini adalah susunan pengurus paguyuban Ngudi Saras:
Ketua 1 : Kunto
Ketua 2 : Wajil Robikah
Sekretaris : Zuni
Bendahara : Tumijan
Humas : Rakhmad

Latar belakang dari pembentukan paguyuban Ngudi Saras adalah karena belum ada wadah yang bisa menampung semua kegiatan ODGJ, selain itu pembentukan paguyuban tersebut sebaga terapi sosial para ODGJ agar dapat berbaur dan menghapus stigma negatif ODGJ di masyarakat.

Jumlah anggota sementara paguyuban Ngudi Saras berjumlah 14 orang, kedepannya akan dilakukan sosialisasi melalui kader dan kegiatan penyuluhan Puskesmas Srandakan untuk merangkul lebih banyak lagi ODGJ yang ada di wilayah Srandakan. Kegiatan pertama yang akan disepakati adalah senam bersama yang akan dilakukan setiap hari Minggu Kliwon pukul 08.00 WIB di Puskesmas Srandakan.

Hari ini selain pembentukan kepengurusan paguyuban Ngudi Saras juga dilaksanakan kegiatan senam bersama yang dipandu oleh dr. Irawan, dr. Anggi dan co-ass Kesehatan Jiwa dari UMY.

Categories: Kegiatan Puskesmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *